26 Agustus 2008

REKOR MURI

rekor-muri

Belakangan saya mendengar bahwa Cilacap akan kembali memecahkan rekor MURI, yakni makan kerupuk dan memasang pin dengan peserta terbanyak dan menyambung tongkat bambu terpanjang. Sebelumnya Cilacap sudah memecahkan rekor Minum Jamu Dengan Peserta Terbanyak, 6956 peserta. pada tanggal 10 Maret 2007, lukisan `graffiti` (lukis dinding) dengan peserta terbanyak yaitu 470 peserta pada 18 Maret 2007, membuat sambal dadakan sebelumnya hanya melibatkan 1.535 peserta dan merias wajah dengan 1.585 peserta 15 Maret 2008, naik egrang dengan peserta terbanyak 1.263 orang 25 Maret 2008.

Yang membuat saya heran rekor yang selama ini diraih adalah kegiatan - kegiatan yang tidak bisa langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas. Jika pun ada yang merasakan adalah penjual cat (ketika memecahkan rekor graffiti terpanjang), perajin jamu tradisional (ketika memecahkan rekor minum jamu), petani dan penjual cabe (ketika memecahkan rekor membuat sambal), pejual bambu (ketika memecahkan rekor egrang), dan penjual kosmetik (ketika memecahkan rekor merias wajah). Nanti yang akan merasakan untung adalah kembali penjual bambu (rekor menyambung tongkat), pengrajir kerupuk (rekor makan kerupuk) dan pengusaha pembuat pin. Sementara masyarakat lainnya hanya menjadi penonton. Hal ini mengherankan saya karena rekor-rekor yang dicetak ini diselenggarakan oleh pemerintah daerah. Kalau itu dicapai oleh perorangan barangkali tidak terlalau aneh.

Saya sangat mengharapkan di masa mendatang kalau mau memecahkan rekor maka rekor-rekor yang dipecahkan adalah untuk hal - hal yang dirasakan masyarakat luas. Mengingat pemerintah adalah pelayan masyarakat yang tugasnya ngopeni masyarakat. Misalnya saja memecahkan rekor sebagai kabulaten bebas miras, kabupaten dengan biaya pendidikan termurah, kabupaten tanpa jalan rusak dan lain-lain. Saya pikir itu lebih bisa dirasakan masyarakat luas.

Mudah-mudahan ide sederhana ini bisa direalisasikan dan bisa dirasakan oleh masyarakat.


0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Coupons