03 Februari 2009

Selamat Jalan Pak Bardja

Innalillahi wa inna ilaihi raji'un. Baru saja saya mendengar berita duka. Salah seorang guru SMA Negeri 1 Cilacap (sekolah dimana saya dulu bersekolah dan sekarang bekerja) yaitu Pak Barjo (Drs. Bardja) meninggal dunia. Beliau menderita sakit sejak pertengahan tahun 2008. Sejak saat itu beliau harus menjalani perawatan di rumah sakit. Awalnya beliau dirawat di Rumah Sakit Islam Fatimah Cilacap, kemudian di Rumah Sakit Sardjito Yogyakarta dan terakhir di Rumah Sakit Hidayatullah Bantul. Dengan perawatan yang harus dijalani secara intensif praktis beliau tidak bisa menjalankan tugas mengajarnya. Namun beberapa kali beliau sempat datang ke sekolah seperti saat acara silaturrahmi dengan para siswa pasca libur lebaran 1429H.

Beliau meninggal dunia para Selasa pagi 3 Februari 2009 sekitar pukul 09.30 wib dalam usia 53 tahun. Beliau meninggalkan seorang istri dan 2 orang putra yang semuanya telah menyelesaikan studinya di perguruan tinggi. Bahkan salah satunya telah menikah dan bekerja sebagai dosen di sebuah perguruan tinggi di Jawa Timur.
Semasa hidupnya beliau adalah orang yang taat beribadah dan aktif di berbagai kegiatan baik di tempat bekerja maupun di lingkungan tempat tinggalnya. Di samping mengajar di SMA Negeri 1 Cilacap beliau juga pernah mengajar di beberapa SMA swasta di Cilacap, seperti SMA Jenderal Sudirman dan SMA Muhammadiyah Cilacap. Yang luar biasa dari beliau adalah kemampuannya mengingat dengan detail para alumni dari sekolah - sekolah di mana beliau pernah mengajar.
Di lingkungan tempatnya tinggal Pak Bardja pernah menjadi Ketua RW dan menjadi Ketua Ta'mir Masjid.
Semasa sekolah dulu saya pernah diajar beliau tetapi hanya sebentar. Saya lebih akrab dengan beliau justru setelah saya bekerja di almamater saya itu. Saya dan keluarga SMA Negeri 1 Cilacap sangat kehilangan dengan kepergian guru yang berdedikasi seperti beliau ini. Sayang sekali saya tidak bisa ikut berta'ziyah ke Bantul, tanah kelahiran dan tempat dimana beliau akan dimakamkan. Saya harus tinggal di sekolah karena hari ini adalah giliran piket saya.
Mudah-mudahan saja Allah SWT Sang Pemilik Sejati, berkenan menerima amal shalih beliau, mengampuni semua kekhilafan beliau, dan memberi tempat mulia di sisiNya.
Selamat jalan Pak Bardja.
Allahumagh firlahu warhamhu wa'afihi wa'fu'anhu.

1 komentar:

samino mengatakan...

Subhanalloh ... Innanillahi wa'inna illahi ro'jiun ... saya dulu pernah diajar pak barjo th 86-89 krn saya dulu sekolah di SMU Muh 1 cilacap klo wajahnya saya tidak akan lupa juga sama beberapa guru SMA1 yang juga mengajar di SMUM jadi saya masih ingat ?? cuma karena sudah 20th jadi lupa2 ingat ... tks atas blog nya

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Coupons