11 April 2008

SAATNYA BERUBAH

Ternyata ada banyak hal yang bisa saya catat dalam setiap kesempatan olah raga pagi. Di antaranya saya selalau bertemu seorang ibu yang berjalan tertatih-tatih menyusuri jalan di depan rumahnya. Sebelah kakinya agak kaku tidak seperti yang sebelahnya. Agaknya dia baru dalam proses penyembuhan dari penyakit yang dideritanya. Saya tidak tahu persis. Yang jelas nampak dia berusaha melemaskan kakinya dengan berjalan setiap pagi.
Hal ini mengingatkan saya pada seorang mantan ketua RT di tempat tinggal yang lama. Beliau terserang stroke ringan beberapa tahun setelah pindah tempat tinggal. Setelah sembuh saya sering melihat beliau berjalan kaki setiap pagi. Rupanya beliau ingin agar kesehatannya semakin baik dan terus membaik. Ada yang bercerita bahwa beliau berjalan sejauh yang beliau ingin. Bila terasa letih duduk sebentar dan kemudian setelah letihnya sedikit terobati. Bahkan beliau tidak sungkan untuk meminta minum kepada orang yang tinggal di rumah-rumah sepanjang jalan yang dilewati bila merasa haus.
Allahu a'lam. Namun sebuah pelajaran yang saya ambil adalah bahwa kita tidak perlu menunggu sampai mendapat serangan penyakit seperti mereka untuk memulai menjaga kesehatan, termasuk di antaranya dengan berolahraga meski hanya jalan kaki atau lari pagi. Sekaranglah saatnya untuk berubah. Apalagi bagi orang yang setiap hari bekerja di belakang meja dan di depan komputer seperti saya. Jika tidak diimbagi dengan pola hidup yang sehat bisa membahayakan diri sendiri.
Mudah-mudahan Allah berkenan memberikan keistiqamahan kepada saya untuk terus berusaha agar saya semakin sehat dan semaki sehat. Mohon do'a.

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Coupons