11 April 2008

SUDUT PANDANG

Sikap seseorang memang sangat bergantung pada cara pandangnya terhadap sesuatu ya? Contohnya gini. Ada seorang teman yang selalu mengeluhkan sikap bapaknya yang sudah sepuh. Sang Bapak ini pensiunan dari sebuah perusahaan tekstil. Dulu beliau punya bawahan. Setelah pensiunan si bapak ini sering bertingkah seolah-olah dia masih bekerja, punya bawahan, punya dokter pribadi, punya perumahan yang dikasihkan bawahannya dst. Padahal ga gitu. Mungkin ini yang disebut post power syndrome.
Tapi saya melihat orang lain sebaliknya. Ada beberapa orang yang saya kenal enjoy saja menjalani masa pensiun. Setiap hari lari pagi (asal ga hujan), mengantar cucu ke sekolah, menjadi ta'mir masjid. Bahkan ada seorang guru saya setelah pindah ke daerah asalnya memilih pensiun dini karena ingin menekuni usahanya. (?)
Semua memang tergantung bagaimana memandang. Dalam kasus di atas orang berbeda memandang masa pensiun. Yang satu memandang pensiun adalah masa yang menjemukan, akhir dari segalanya. Sementara yang lain memandang masa pensiun hanya sebagaian dari peristiwa yang sangat alami. Bahkan yang lain memandang masa pensiun sebgai kesempatan untuk mengembangkan usaha yang sebelumnya terbengkelai.

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Coupons