26 April 2008

Rumus Nilai Ujian

Microsoft Excel adalah software yang saat ini cukup banyak digunakan untuk mengolahan data lembar kerja, termasuk di dalamnya untuk pengolahan data nilai - nilai di sekolah-sekolah. Di saat ujian seperti yang begitu dibutuhkan adalah formula atau lebih tepatnya fungsi untuk mengetahui hasil ujian siswa, apakah dengan mengacu pada kriteria yang ditentukan oleh Depdiknas nilai yang telah diperoleh siswa memenuhi kriteria kelulusan ataukah tidak.
Belum lama ini di sekolah tempat saya bekerja saya mencoba membuat laporan yang menyertakan nilai hasil Pra - UN siswa. Di mana dalam laporan tersebut nilai Pra UN siswa diperlakukan seperti nilai UN, artinya berdasarkan nilai tersebut sekolah mencoba menganalisa apakah siswa lulus ataukah tidak.
Dalam daftar nilai tersebut kami siapkan satu kolom berisi formula untuk mengetahui kelulusan siswa. (untuk keperluan publikasi ini saya membuat tiruan daftar tersebut sperti berikut :

(Bila anda ingin melihat gambar di atas dengan lebih jelas, klik saja)

Pada cell K8 saya memasukkan formula :
=IF(OR(AND(J8>=5,25;COUNTIF(C8:H8;"<4,25")=0);and(countif(c8:h8;"=4")=1;countif(c8:h8;">=6")=5));"LULUS";"TIDAK LULUS")

yang kemudian saya kopi ke cell di bawahnya. Saya sudah mencoba menelusuri kemungkinan adanya kekeliruan, namun sejauh ini saya tidak menemukannya. Mudah - mudahan formula ini bisa dipakai oleh siapa saja yang memerlukannya.

Contoh file itu juga bisa didownload disini. Semoga bermanfaat.

3 komentar:

wongmbatu mengatakan...

Assalamu'alaikum wr. wb.

Pak Langgeng, persis seperti sebelumnya, baik di XL-mania maupun belajar-excel, file Nilai.xls saat saya run di komputer saya langsung banyak yang tidak valid, yang mestinya TIDAK LULUS jadi LULUS...

Kenapa, hayo??

Salam kenal, Pak...

Langgeng mengatakan...

Itu dia yang saya ga ngerti. karena itu saya mohon anda (kalau perlu mengerahkan teman-teman) untuk menjelaskan hal ini. Terus terang meskipun sudah lama bergelut dengan Excel, tapi saya bukanlah orang yang mumpuni dalam hal itu. Justru melalaui forum baik ExcelMania atau yang lain saya ingin menerima tempaan. Saya ingin teman-teman termasuk anda membantu saya.
Ketika rumus itu saya coba di tempat saya ga ada masalah. Tetapi ketika anda coba di tempat anda dan dikirm kembali ke saya kok jadi beda.

Anas mengatakan...

Assalamu'alaikum wr. wb.

Pak di Rumus Ujian dan nilai pada file excel yang bapak upload ada warna otomatis di nilai-nilai yang kurang, saya mohon informasi bagai mana caranya untuk membuat cell atau angka2 pada nilai tersebut bisa berubah warnanya secara otomatis?

kalo bisa kirim penjelasannya ke email anas.maruf76@gmail.com

atas informasi dan saya ucapkan terimakasih

wassalam

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Coupons